Search This Blog

Tuesday, March 10, 2020

Skipping, Olahraga Untuk #DirumahAja


Kita harus tetap menjaga kesehatan disaat yang sulit seperti saat ini. Dikarenakan keharusan kita untuk menjaga jarak dengan orang lain, banyak jenis olahraga seperti jogging, bersepeda dan pergi ke gym yang menjadi sulit untuk dilakukan.

Namun ada beberapa jenis olahraga yang bisa kita lakukan tanpa harus meninggalkan teras rumah kita. Salah satunya adalah Skipping.

Skipping atau lompat tali adalah salah satu cabang olahraga yang sangat efektif dilakukan karena berfungsi untuk menambah tinggi badan serta dapat menurunkan berat badan.

Skipping juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dan untuk menambah kekuatan pada tubuh karena olahraganya ini sangat mudah dilakukan pada tempat-tempat yang terbuka.

Berikut adalah beberapa manfaat dari olahraga skipping yang dilansir dari doktersehat.com

1. Membakar kalori

Olahraga ini memaksa tubuh untuk melompat maka dampaknya kalori pada tubuh akan terbakar di setiap loncatannya.

Dalam satu sesi skipping yang dilakukan selama 10 menit, akan ada 300 kalori yang terbakar. Jika ingin kalori tubuh terbakar lebih banyak kita bisa menambah waktu sesi latihan.

2. Pembentukan otot

Manfaat skipping juga bisa digunakan sebagai pembentukan otot tubuh. Biasanya, otot yang terbentuk saat kita melakukan skipping adalah bagian lengan, kaki, dan perut.

Namun, jika kita baru memulai skipping, maka rasa nyeri di ketiga area otot tersebut bisa terjadi akibat melebarnya jaringan menyelimuti otot tersebut. Namun kita tidak perlu khawatir dan berhenti melakukan skipping. Lanjutkan latihan dengan sesi yang lebih sedikit sampai kram tersebut benar-benar hilang.

3. Tubuh lebih lentur dan bugar

Meski skipping terkesan olahraga yang monoton, namun dibalik gerakan monotonnya, skipping bisa membuat tubuh kita menjadi lebih lentur dan bugar. Manfaat skipping lainnya dipercaya membuat seseorang menjadi atraktif dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

4. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Denyut jantung akan meningkat secara otomatis saat kita melakukan skipping. Di saat itulah sistem kardiovaskular kita menjadi lebih bugar. Semakin nyaman kita melakukan aktivitas fisik, semakin besar kemungkinan kita untuk aktif secara fisik, yang pada gilirannya akan membakar lebih banyak kalori dan menjaga berat badan agar tidak berlebihan.

5. Meningkatkan sistem koordinasi

Manfaat skipping yang banyak orang tidak sangka adalah kemampuannya untuk membuat kita lebih fokus, khususnya dalam menggerakan bagian kaki. Menurut pakar, semakin banyak teknik skipping yang bisa dilakukan, hal itu akan semakin meningkatkan tingkat koordinasi kita.

Agar kita mendapatkan manfaat terbaik dari skipping, kita harus mengetahui terlebih dahulu cara skipping yang baik dan benar, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan Skipping

1. Pastikan panjang tali sesuai dengan tinggi badan kita. Jika tali terlalu panjang atau pendek, akan menyulitkan kita ketika Skipping.

2. Gerakan memutar tali berasal dari pergelangan tangan. Jangan memutar tali dengan menggunakan seluruh tangan karena akan mengganggu keseimbangan tubuh.

3. Jangan melompat terlalu tinggi. Kita hanya perlu melompat agar tali dapat melewati kaki kita.

4. Pandangan lurus kedepan dan fokus.

Itulah tadi beberapa manfaat dari olahraga Skipping, disaat yang sulit ini kita harus tetap menjaga kesehatan kita. Semoga artikel ini bermanfaat.
Selamat mencoba......




by Dava Mahardika (210104170004)

No comments:

Post a Comment