Friday, April 10, 2020

Daun Sirih Sebagai Disinfektan Alami

By Muhammad Ilham Adya (210104170013)
Foto daun sirih (Klikdokter.com)

Banyak dari kita mungkin sudah sering mendengar bahwa daun sirih sering dijadikan bahan untuk  obat tradisional yang bisa mengatasi berbagai penyakit mulai dari gatal,batuk, sakit perut,asam urat, sampai penyakit jantung coroner.Tanaman yang biasa ditemukan ataupun di tanam di pekarangan rumah ini ternyata bukan hanya bermanfaat dalam mengobati berbagai penyakit saja tetapi juga memiliki kemampuan sebagai bahan disinfektan alami. Cairan disinfektan yang mengandung alkohol dan klorin juga sempat disoroti oleh WHO karena dua bahan itu adalah bahan yang berbahaya bagi manusia.Karena itulah mungkin tidak ada salahnya bagi kita untuk mencoba rebusan air daun sirih sebagai alternatif disinfektan alami yang aman digunakan ditengah masa pandemic virus corona atau Covid-19 ini.

Kandungan daun sirih
 
Illustrasi daun sirih sebagai bahan herbal (Hellosehat.com)
Kandungan yang bermanfaat dari dun sirih sudah tidak diragukan lagi.Sejak zaman dulu daun sirih memiliki sejarah yang kuat dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh di kalangan masyarakat. Daun sirih memiliki beragam kandungan bermanfaat mulai dari vitamin c,tiamin,niasin,riboflavin karoten dan yang paling penting disaat pandemi covid-19  saat ini yaitu kandungan polifenol chavol dari daun sirih yang memberikan perlindungan ekstra sebagai disinfektan  bagi kuman dan virus secara alami yang aman bagi tubuh. Menurut Himpunan Ahli Kesehatan (HAKLI) mengatakan bahwa masyarakat bisa menggunakan daun sirih sebagai antiseptik untuk membunuh mikrobakteri berbahaya, termasuk juga virus SARS-Cov  2 penyebab COVID-19.

Cara membuat disinfektan dari daun sirih

Untuk menggunakan daun sirih sebagai disinfektan juga cukup sederhana. Hanya perlu merebus daun sirih dan air rebusan daun sirih bisa digunakan untuk cuci tagan atau membersihkan permukaan benda-benda terutama yang rawan penyebaran bakteri dan virus seperti gagang pintu..
Selain itu alangkah baiknya ketika meracik disinfektan daun sirih ini kita memperhatikan ukuran, dosis serta konsentrasi agar sesuai .



Sebagai disinfektan, daun sirih memang tidak bisa dibandingkan dengan disinfektan modern yang mengandung alkohol. Ibarat obat modern apotik dengan jamu yang masing-masing punya perannya tersendiri.Daun sirih memang membutuhkan waktu yang agak lama untuk membunuh kuman dan bakteri akan tetapi karena bahan ini adalah herbal yang langsung dari alam sehingga tidak merusak kulit.




No comments:

Post a Comment