Friday, April 10, 2020

Fakta Seputar Covid-19

By Muhammad Ilham Adya (210104170013)
Illustrasi virus corona ( adsoftheworld)



Semakin merebaknya pandemi covid-19 tentunya membuat masyarakat di seluruh dunia mulai  panik. Bagaimana tidak,menurut data yang didapat dari situs resmi World Health Organization (WHO) dari sekitar bulan Desember 2019 lalu sampai sekarang 9 April 2020 secara global akibat dari virus ini sudah tercatat 1.395.136 kasus positif,81.000 kematian dan 212 negara terjangkit covid-19 ini. Karena itulah kita sebagai masyarakat tentunya harus bisa mendukung upaya menghentikan laju penyebaran virus ini dan berikut ini adalah informasi mengenai fakta dan mitos seputar covid-19.

Fakta Covid-19

1.      1.Penyebaran yang cepat

Penularan virus Corona ini melalui medium cairan tubuh manusia seperti ludah atau ingus yang menjadikan penyebarannya begitu cepat dari orang ke orang.Sejak awal terjadinya infeksi seseorang bisa menularkan kepada yang lainnya bahkan sebelum timbulnya gejala. Sebuah studi dilakukan di jerman bahwa 9 orang yang terinfeksi virus coronabisa mengeluarkan banyak virus dari ribuan hingga jutaan. Karena itulah langkah physical distancing sangat diperlukan untuk menekan penyebarannya karena hanya dengan melalui batuk saja bisa berpotensi terjadinya penularan ketika satu sama lain berada saling berdekatan. 

Baca juga produk rumah tangga yang bisa dijadikan disinfektan 

2.      2. Namun tidak terlalu mematikan dibanding SARS
      
      Menurut data yang dilansir dari Aljazeera.com membuat infografis perbandingan antara jumlah laporan kasus,kesembuhan dan kematian. Hasil angka kematian akibat virus corona hanya mencapai dua hingga tiga persen dari total keseluruhan kasus.Berbeda dengan SARS dan MERS yang angka kematiannya mencapai 9,6% dan 34% dari keseluruhan kasus. Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa sebenarnya yang menjadi momok menakutkan dari covid-19 ini yaitu dari cara penularannya yang terbilang mudah sehingga menyebar dengan cepat.

3.      3.Masa inkubasi bisa sampai 14 hari

Setelah tubuh dijangkiti. Virus corona akan tetap berada dalam tubuh sampai dengan 14. Namun rata-rata masa inkubasnya yaitu 5 hari setelah virus masuk ke dalam tubuh. Itu berarti setiap orang ada yang langsung menunjukan gejala dan ada pula yang menunggu lama  sampai 14 hari untuk mengetahui adanya gejala.Karena itu disarankan ketika kita merasa melakukan kontak dengan penderita lain maka diwajibkan untuk karantina diri sendiri selama 14 hari.

4.      4. Yang sakit serius bukan hanya orang tua

Mungkin banyak dari kita berpikir bahwa yang berumur muda punya kekebalan dalm mengahadapi virus ini namun kenyataannya tidaklah benar. Berdasarkan laporan CDC, di Amerika Serikat ada 38 persen orang yang dirawat di rumah sakit yang ternyata berusia 20-54 tahun.Pun jika anak muda yang positif covid 19 tidak menunjukan gejala apapun juga tetap saja ia bisa menjadi penyebar atau carier bagi lingkungan sekitarnya. Ada prosedur khusus bagi pemakaman korban covid-19. 

Baca juga perbedaan flu biasa dan Covid-19

5.     5. Jenazah korban Covid-19 tidak bisa dimakamkan seperti mayat pada umumnya.

      Ada prosedur khusus yang perlu dilakukan untuk memakamkan mayat korban covid-19.Menurut Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19) – kementrian kesehatan (Kemenkes), Pemakaman jenazah akan ditangani langsung oleh petugas medis dengan perlengkapan alat pelindung diri (APD) mulai dari disemayamkan sampai dimasukan ke liang kubur. Jenazah akan dimasukan ke kantong khusus jenazah yang tidak tembus cairan.Dari seluruh penelusuran tentang bagaimana kondisi jenazah korban covid-19  dan keluarganya melalui berbagai portal berita mengungkapkan bahwa yang paling menyedihkan dari korban meninggal  covid-19 adalah keluarga dan sanak saudara sulit bahkan tidak bisa bertemu langsung dengan penderita sampai akhir hayatnya begitu pun ketika proses pemakaman yang sepi dan hanya bisa dihadiri oleh keluarga terdekat saja karena situasinya yang tidak memungkinkan untuk berkumpulnya banyak orang.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai prosedur pemakaman korban  ataupun info lain mengenai covid-19 dapat ditemukan di situs resmi kementrian kesehatan melalui situs resmi kemenkes yang linknya bisa anda  klik disini. Disana juga terdapat  Pedoman pencegahan pengendalian Covid-19 .

Jangan lupa bagi sobat ultralyfe utuk selalu tetap aman,menjaga kesehatan tubuh dan tetap semangat beraktifitas di rumah.Selain kesehatan fisik juga penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mental dan tentunya banyak yang bisa dilakukan sobat ultralyfe seperti bermain permainan tradisional bersama si kecil buah hati agar aktivitas dirumah aja  lebih menyenangkan. 






No comments:

Post a Comment