Friday, April 10, 2020

Perbedaan Flu Biasa dan Covid-19

By Muhammad Ilham Adya (210104170013) 

Situasi ketika wabah (SCMP)

Saat ini masyarakat dunia sedang dibuat gempar dengan virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19. Virus yang menyerang pernafasan ini memiliki gejala yang yang mirip dengan flu biasa namun bisa berakibat lebih fatal.Keduaya sama-sama berasal dari virus yang menyerang sistem pernafasan manusia. Flu biasa disebabkan oleh rhinovirus yang bisa menyebar dari manusia ke manusia. Infeksi virus ini tentunya sudah menjadi penyakit musiman yang sudah biasa dihadapi oleh orang banyak. Berbeda dengan Covid-19 yang disebabkan oleh golongan coronavirus yang baru saja ditemukan akhir tahun 2019 lalu di Wuhan China.

Perbedaan penyakit flu biasa dengan Covid-19

Meskipun sama-sama tergolong keluarga flu namun ada beberapa gejala yang menjadi ciri pembeda antara flu biasa dengan Covid-19

1.      Flu Biasa

Disebabkan oleh virus yang beranama rhinovirus yang menyerang saluran pernafasan.Tingkat kematian akibat penyakit ini tergolong rendah dan bisa dilakukan pengobatan secara mandiri. Gejala yang ditimbulkan virus ini yaitu :

·         Bersin
·         Hidung tersumbat
·         Sakit kepala ringan
·         Sakit tenggorokan
·         Batuk
·         Demam (Jarang)

Masa inkubasi Flu biasa yaitu 1-3 hari. Itu artinya seseorang bisa terlihat terinfeksi flu 1-3 hari setelah terinfeksi.Flu biasanya mudah menyerang ketika cuaca dingin.Untuk pengobatan flu sendiri bisa menggunakan paracetamol atau Amonium Klorida




2.      Covid 19

Covid 19 disebabkan oleh  infeksi virus Corona. Tingkat kematian lebih tinggi dibanding flu biasa apabila tidak ditangani dengan tepat.Gejala yang terjadi pada dasarnya hampi sama seperti flu biasa hanya saja ada beberapa gejala utama yang paling menonjol dibanding flu biasa yaitu :
·         Demam tinggi
·         Batuk
·         Sesak nafas

Pasien yang menderita Covid-19 pada umumnya mengeluhkan sakit di salurran pernafasan bawah. Ada beberapa juga yang mengalami nyeri otot,diare, mual dan muntah. Pada kasus terparah bisa menyebabkan komplikasi yang serius seperti gangguan pernafasan akut, Pneumonia berat  (Infeksi paru-paru ) dan kegagalan organ hingga kematian. Semua gejala itu tergantung dari seberapa kuat kekebalan tubuh seseorang. 
Bahkan ada seseorang yang positif terjangkit Covid-19 namun tidak menunjukan gejala apa-apa dan yang lebih berbahayanya lagi seseorang ini bisa menjadi penyebar virus tanpa gejala atau disebut carrier bagi orang-orang di lingkungan sekitarnya.

Masa inkubasi virus ini bisa sampai 14 hari setelah terinfeksi. Lebih lama dibanding flu biasa.  Karena itulah seseorang yang suspect corona diwajibkan untuk diisolasi selama kurang lebih 14 hari. Sampai saat ini belum ditemukan obat untuk mengatasi Covid-19. Akan tetapi penderita penyakit ini sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh agar sistem imun tubuh bertambah  kuat untuk mengatasi virus corona

Untuk pencegahan infeksi baik untuk flu biasa maupun Covid 19 bisa dilakukan dengan cara berikut :

1.      Mencuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik
2.      Perbanyak  minum air putih
3.      Memakai masker ketika beraktifitas diluar rumah jika merasa bada kurang sehat
4.      Beristirahat yang cukup
5.      Tidak menyentuh mata,hidung dan mulut dengan tangan yang kotor
6.      Menghindari kontak dengan orang yang batuk atau yang demam

Itu dia perbedaan antara flu biasa dan Covid -19 yang wajib sobat ultralyfe ketahui. Konsultasilah ke dokter apabila diperlukan.Tetap selalu jaga kesehatan dan kebersihan dan semangat dalam beraktivitas.

No comments:

Post a Comment