Friday, April 10, 2020

Healthy Life - As College

By Cleary Manurung

Hidup Sehat Sebagai Mahasiswa
 

Sebagai Mahasiswa hal kebebasan tidak berada jauh dari mereka. Dunia perkuliahan yang tidak seperti sekolah pada umumnya, orang tua sudah menganggap dewasa dan tidak terlalu ikut campur, para perantau juga sudah sangat bebas untuk melakukan semuanya. Dunia perkuliahan sangatah beragam yang memungkinkan kita sangat sibuk atau bahkan membuat kita tidak melakukan apa apa. Tugas, Pergaulan atau lingkungan sangatlah berpengaruh untuk mahasiswa mengakibatkan mereka mengabaikan kehidupan pribadinya bahkan kesehatannya, Begadang, pola makan yang tidak baik, jarang olahraga merupakan sifat mahasiswa sejati. Tapi sebagai sesama mahasiswa saya ingin mengatakan, “ayo ubah kebiasaan itu!”. Kalo ga nanti tua bisa hidup ga jelas hehe. 3 hal yang harus dipastikan adalah 

1. Tidur Cukup 
 
foto tidur cukup
Mahasiswa itu identik dengan yang namanya begadang, apalagi menjelang pengumpulan tugas akhir ataupun ujian akhir semester. Tapi, sesibuk apa pun, kamu tetap membutuhkan 7-9 jam waktu tidur. Jika tidak, maka itu bisa berakibat pada penurunan fungsi otak; lelah yang berkepanjangan; sakit kepala; dan turun berat badan Makanya, kalau kamu punya kesempatan tidur siang di sela-sela pergantian kelas, manfaatkan itu dengan baik. Jangan lupa juga cari sudut pojokan agar tidur cantikmu tidak terganggu. Kalo ga 5 jam sabilah bro.

2. Kurangi Kopi dan Gula
 

Kopi


Kopi dan minuman bersoda memang bisa membuatmu melek hingga dini hari. Akan tetapi, ada bahaya yang siap mengintaimu jika kamu terus menerus melakukan gaya hidup ini dalam jangka waktu lama, apalagi kalo kamu suka minum kopi sachet. Daripada kamu terdiagnosa diabetes di usia muda, lebih baik kamu mengganti kebiasaan ngopi dengan makanan tinggi protein dan tinggi serat seperti jus buah segar. 

3. Minum Air Putih

Minum air segar


Susah fokus karena kurang minum air putih? Hmm, itu memang bisa terjadi. Terus menghidrasi tubuh mampu membuat tubuh dan otak lebih berkonsentrasi pada apa yang kamu lakukan sekaligus mencegah kamu untuk makan berlebihan. Biar lebih hemat nih, kamu wajib membawa botol minum untuk diisi ulang saat di kampus. Sehat tapi tetap hemat, mahasiswa goals banget.

Sisanya kalian sudah pada ngertilah kaya jangan stress berlebihan, usahakan rileks beberapa saat. Kalo masalah olahraga seadanya saja yang ringan ringan tapi bisa dilakukan terus, ingat saja tujuan awal kalian mau kuliah dan diantar oleh orang tua kalian buat apa. Pasti buat sukses dong, hidup yang sehat dan panjang umur juga sebuah kesuksesan yang sangat besar, jadi tunggu apalagi gaskeunnn.

 

1 comment: