Friday, April 10, 2020

Tantangan Olahraga 15 Menit Setiap Hari #2WeeksUltralyfeChallenge

By Risya Hatmadani
Olahraga yang bisa dilakukan di rumah

Di rumah aja bukan berarti alasan untuk ngga olahraga ya, Gen Ultra. Justru ini kesempatan kita untuk mencoba rutin olahraga setiap hari. Yang biasanya kita harus mengatur waktu tersendiri untuk olahraga ditengah kesibukan, sekarang kita bisa lebih leluasa. Cukup 15 menit setiap hari kamu sudah bisa merasakan banyak manfaat olahraga.
Membiasakan olahraga 15 menit setiap hari dapat menjadi langkah awal kita untuk menjaga metabolisme tubuh, meningkatkan imun tubuh, sehingga menambah panjang umur. Apalagi disaat pandemi seperti ini perlu untuk kita meningkatkan imun tubuh kita. Dengan berolahraga, aliran darah ke otak akan lancar, sehingga dapat memperbaiki otak dan dapat mencegah stress atau depresi. Selain itu olahraga juga bisa menjaga berat kita agar ideal. Olahraga 15 menit saja kita sudah dapat mengontrol kadar gula darah, dan membakar kalori, sehingga tidak ada penimbunan lemak dan kita oun terbebas dari kenaikan berat badan yang tidak sehat.
Mumpung lagi di rumah aja, di bawah ini ada beberapa rangkaian gerakan olahraga 15 menit yang bisa Gen Ultra lakukan di rumah sebelum beraktivitas.

1. Jalan Cepat di Tempat

Gerakan simpel ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita Gen Ultra. Mulai dari menjaga kesehatan jantung, melancarkan metabolisme tubuh, mencegah osteoporosis, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga meningkatkan aktivitas di sel otak kita. Lakukan gerakan ini selama 3 menit.

2. Lompat Tali

Skipping bisa membuang kalori lebih banyak kendati dilakukan dalam waktu yang singkat. Sudah pasti latihan ini sangat efektif untuk bantu menurunkan berat badan kamu. Koordinasi antara gerakan melompat dan mengayunkan tali ini juga bantu kamu untuk berpikir lebih fokus. Lakukan selama 3 menit juga nih.

3. Jumping Jacks

Berdiri tegak dengan kedua tangan diletakkan di samping badan, lalu melompat dengan membuka lebar kedua kaki dan tangan ke atas. Usai melompat, segera kembali ke posisi awal. Begitu seterusnya, sampai 2 menit. Gerakan ini bertujuan untuk melatih otot-otot tubuh yang berperan penting dalam aktivitas sehari-hari, seperti kaki, perut, dada, lengan, dan bahu.

4. Squat

Posisikan tubuh dengan berdiri tegak dan kedua tangan di samping badan, kemudian tekuk lutut sambil menurunkan bokong, hingga paha sejajar dengan lantai, lalu angkat kedua tangan lurus ke depan. Ulangi dan lakukan selama 3 menit. Gerakan ini berfungsi untuk melatih otot betis, paha, pinggul, dan perut.

5. Push Up

Gerakan ini memiliki banyak sekali manfaat buat tubuh kamu. Selain efektif untuk melatih otot bagian atas, seperti dada, bahu, dan lengan, kamu juga bisa latih otot perut. Gerakan ini bisa membantu membuat metabolisme tubuh lebih lancar dalam membakar lemak. Gen Ultra hanya perlu melakukannya selama 1 menit.

6. Plank

Kendati terlihat simpel, manfaatnya tak kalah buat melatih otot perut dan mengurangi nyeri di punggung, lho. Untuk melakukan gerakan dengan benar, posisikan badan kamu sama dengan saat latihan push up, tekuk siku hingga 90 derajat dan kedua lengan menempel di lantai, saling berhadapan. Tahan posisi ini selama mungkin, bisa diawali dengan 30 detik, lalu lanjut selama satu hingga dua menit hingga tubuh Kamu terbiasa melakukannya.
Luangkan waktu istirahat selama 30 detik di setiap pergantian gerakan. Lakukan rangkaian gerakan ini setiap hari secara rutin selama minimal 2 minggu dan rasakan manfaatnya.
Biar kalian ga bosen selama olahraga, Gen Ultra bisa coba dengerin lagu-lagu ini selama melakukan challenge-nya.
Bagikan pengalamanmu mengikuti #2weeksultralyfechallenge dengan olahraga 15 menit setiap hari dan menangkan total hadiah 100 juta rupiah untuk 3 orang pemenang. Sehatnya dapet, hadiahnya dapet. Yuk ikutan!

No comments:

Post a Comment