Search This Blog

Friday, April 10, 2020

Tantangan Meditasi Setiap Hari untuk Tingkatkan Imun Tubuh #2WeeksUltralyfeChallenge


By Risya Hatmadani 

Meditasi untuk menenangkan pikiran dan meningkatkan imun


Dalam situasi pandemi COVID-19 ini kita perlu menjaga imunitas tubuh kita nih Gen Ultra. Hal ini bisa kita penuhi melalui olahraga teratur dan menjaga asupan gizi yang baik. Tapi Gen Ultra tahu ngga nih? Meditasi ternyata juga bisa lho meningkatkan imun tubuh. Meditasi merupakan latihan untuk melatih fokus pikiran sehingga tercipta ketenangan pikiran dan tubuh pun menjadi lebih rileks. Gen Ultra bisa melakukan latihan ini kapanpun dan dimanapun, tanpa ada alat khusus. Kuncinya adalah suasana yang tenang.

Meditasi memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Pada dasarnya meditasi dapat menenangkan pikiran sehingga kesehatan rohani kita menjadi lebih stabil, sehingga dapat mengurangi stress, terhindar dari depresi, dan dapat lebih mengontrol rasa cemas. Meditasi juga dapat meningkatkan kualitas tidur dan memperkuat daya ingat. Latihan ini juga bisa membantu melawan kecanduan juga memperkuat daya ingat, dan bisa membuat kita awet muda juga lho. Dan manfaat lain yang kita cari-cari dimasa pandemi COVID-19 ini pun bisa kita dapatkan, yaitu meningkatkan imunitas tubuh.
Untuk memulai latihan meditasi, kita tidak perlu terlalu memikirkan bagaimana meditasi yang sempurna. Hal in justru akan gagal membuat kita fokus dan tenang. Yang terpenting dari latihan meditasi adalah memfokuskan pikiran, bernapas perlahan, dan tenang. Berikut adalah cara melakukan meditasi selama 10 menit, dilansir dari situs Alodokter:
  1. Tarik napas dalam secara perlahan-lahan berulang kali.
  2. Fokuskan perhatian pada tarikan napas dan perasaan Kamu.
  3. Sambil terus menarik napas perlahan, fokuskan pikiran pada berbagai bagian tubuh secara bergantian. Sadari apa yang Kamu rasakan di bagian-bagian tubuh tersebut.
  4. Kamu dapat mengombinasikan aktivitas ini dengan menyebut kata atau nama sesuai kepercayaan masing-masing. Kamu juga bisa melakukannya sambil mengucapkan doa dan ucapan syukur.
  5. Setelah terbiasa melakukan meditasi dengan duduk, Kamu bisa mencoba bermeditasi dengan berjalan. Fokuskan pada pergerakan kaki dan hindari berjalan terlalu cepat. Lokasi berjalan bisa di mana saja. Bisa dilakukan di taman kota, trotoar yang lapang, atau di dalam mall.
  6. Membaca dan merefleksi bacaan bahkan bisa menjadi bagian dari meditasi.
  7. Musik yang tenang juga dapat menjadi cara untuk menenangkan diri dalam meditasi.

Dalam melakukan meditasi, kita dapat sambil membuka atau menutup mata, selama kita bisa nyaman dan mudah berkonsentrasi. Sebaiknya Gen Ultra juga jangan mengatur alarm untuk menandakan bahwa sesi metidasi telah selesai, karena hal ini dapat mengganggu ketenangan yang tadinya sudah di dapat. Selain itu, jika Gen Ultra baru saja makan dan hendak melakukan meditasi, usahakan beri jarak waktu minimal 2 jam, karena proses pencernaan dapat menganggu proses dari meditasi itu sendiri. dan untuk dapat merasakan manfaat dari meditasi secara maksimal, Gen Ultra bisa mengikuti #2weeksultralyfechallenge dengan meditasi setiap hari dan bagikan ceritamu disini. Tersedia hadiah total 100 juta rupiah untuk 3 orang pemenang dari cerita yang paling menarik. Yuk hidup lebih sehat dan muda bersama Ultralyfe!

No comments:

Post a Comment